Sabtu, 13 Agustus 2011

Tips mengolah & Bumbu untuk menghilangkan bau amis

Tips Mengolah Bebek Empuk
 
Dibanding daging ayam, daging bebek memang relatif lebih alot. Aromanya pun lebih amis. Namun dengan teknik pengolahan yang tepat, daging bebek pun bisa tampil sebagai sajian yang empuk dengan citarasa yang menggoda. Langkah yang perlu dilakukan pada:
A. Bebek Lokal
  • Pilih bebek yang tidak terlalu tua, juga tidak terlalu muda. Paling pas adalah bebek berusia sekitar 3 bulan.
  • Bakarlah bebek potong di atas bara api dan bersihkan bulu-bulu yang masih tertinggal dengan daun pisang, kemudian baru potong sesuai selera.
  • Lumuri dengan cuka atau air jeruk nipis, cuci, tiriskan.
  • Potong brutu bebek agar masakan tidak amis.
  • Agar saat digoreng renyah, rendam bebek selama 12 jam (semalaman).
  • Sebelum dimasak sesuai resep, daging bebek direbus selama 1 jam lebih dengan aneka rempah (serai, jahe, bawang putih, daun jeruk) tujuannya membuat daging empuk dan menghilangkan bau amis. Setelah itu, bebek siap dikreasikan menjadi resep masakan apa saja.
B. Bebek Peking (ala oriental)
  • Bebek direndam sekurangnya 9 jam, dari pukul 07.00 hingga pukul 16.00.
  • Masukkan berbagai bumbu ke dalam daging bebek seperti ngohiong, pekak, bawang, bawang putih, dan rempah-rempah yang lain. Bebek berisi bumbu tersebut dijahit dan digantung semalam penuh supaya kulit kering.
  • Bebek dipanggang sekitar satu setengah jam dan bisa dinikmati.
NB :
Supaya daging bebeknya empuk, tidak kayak karet, bisa juga dicoba cuci pake air perasan daun pepaya, jadi ambil daun pepaya beberapa lembar, kemudian remas-remas di dalam air ampe hancur kemudian airnya di pake buat mencuci bebek ato sebagian airnya tadi di tapis kemudian dicampur sedikit pada masakan.


BAU amis pada bebek menjadi penghalang utama sebelum daging bebek diolah menjadi makanan lezat. Apalagi, daging bebek sangat ringkih dengan bau amis yang sangat kuat.

Yogi, pemilik Restoran Bebek Goreng Haji Yogi mengatakan bila untuk menghilangkan bau amis pada bebek kunci utamanya adalah jahe, daun jeruk, serta lengkuas.

“Jahe dan daun jeruk pemakaiannya dilebihkan saja. Lengkuas itu kunci utama untuk menghilangkan amis dan pemakaiannya harus over dan nggak bisa standar saja karena bebek itu ringkih dan bau amis,” ucapnya saat ditemui okezone di Jalan Panjang, Kebon Jeruk Raya, Jakarta Barat, Senin (25/7/2011).

Selain itu, Yogi juga tidak pelit soal pilihan bumbu-bumbu yang akan dipakainya dalam mengolah daging bebek. “Kalau soal bumbu, kita tidak perlu pelit, kebanyakan orang kalau memasak apapun tidak hanya daging bebek, bumbunya pasti sedikit. Bagi saya dengan banyaknya bumbu yang kita olah dan kita gunakan dalam memasak, aromanya pasti akan lebih tercium,” bebernya.

Selain memerhatikan bumbu, Anda juga harus memerhatikan kadar air dalam daging bebek. Sebab, dikatakannya, proses memasak bebek harus benar-benar diperhatikan karena butuh waktu hingga 4 jam lebih.

Bila Anda penyuka santan, bisa saja dipakai akan tetapi, penggunaan santan jangan lah terlalu banyak agar tidak menimbulkan cita rasa berbeda. “Enggak banyak, ada yang pakai santan dan tidak, itu sebatas untuk rasa gurih bukan untuk empuknya,” tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar