Sabtu, 13 Agustus 2011

Cara mengempukan daging II

Tips Mengempukkan Daging Kambing

Daging kambing yang enak berasl dari kambing yang berumur kurang dari 4 bulan. tetapi tidak semua daging kambing yang dijual di pasar berasal dari kambing muda. Bila kebetulan mendapatkan daging kambing yang tidak muda lagi, atau daging yang berasal dari bagian yang banyak otot shingga teksturnya alot, Anda bisa membuatnya menjadi lebih empuk dengan beberapa cara:

1. Dibungkus Daun Pepaya

Daun pepaya mengandung papaian yang dapat mengempukkan serat daging. Memarkan daun pepaya, terurama tulang daunnya. Bungkus rapat-rapat daging dengan daun pepaya selama 1 jam atau lebih.

2. Papaian Bubuk

Di pasar swalayan banyak dijual sari getah buah pepaya atau daun pepaya dalam bentuk bubuk. Untuk 1 kg daging digunakan 1 sdm papaian bubuk, diamkan selama 20 menit, cuci bersih sebelum dimasak.

3. Nanas

Nanas juga bisa digunakan untuk mengempukkan daging. Campurkan daging dengan nanas parut, diamkan selama1 jam atau lebih. Nanas akan mempengaruhi cita rasadging, jadi sebaiknya daging diempukkan dalam keadan utuh, jangan dipotong-potong dulu. Cuci bersih daging sebelum dipotong-potong.

4. Cairan Berlakohol

Daging dapat direndam didalam cairan beralkohol, seperti minuman anggur, cuka anggur, sherry atau angciu( tapi jika Anda Mulsim jangan gunakan cara ini…!!!). Bisa juga menggunakan cuka dan jeruk nipis untuk melunakkan daging. Makin lama di rendam, makin empuk.

Selamat mencoba…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar